Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

 

Keputihan memang menjadi salah satu hal yang sering dialami oleh kaum hawa. Hal tersebut memang tidak lepas dari keterkaitan antara keputihan dengan organ kemaluan perempuan. Sejatinya keputihan bukanlah sesuatu yang aneh bagi perempuan. Mengingat keputihan selalu terjadi pada mereka ketika terjadi rangsangan seksual atau sekresi, sebelum dan juga sesudah menstruasi, atau juga bisa disebabkan oleh pemakaian obat sebagai detoksifikasi pengeluaran racun serta faktor psikologi seperti stress serta kelelahan. Keputihan sendiri terbagi menjadi dua, normal dan tidak normal. Untuk keputihan tidak normal biasa terjadi karena infeksi mikroorganisme seperti jamur serta keluar secara berlebihan serta berbau menyengat. Terdapat berbagai cara mengatasi keputihan yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit lainnya.

 

Cara mengatasi keputihan dengan sambiloto

Cara mengatasi keputihan yang aman adalah dengan menggunakan cara alami yang bisa anda terapkan dengan menggunakan berbagai tanaman. Tanaman yang pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi keputihan adalah tanaman sambiloto. Anda bisa mendapatkannya dari pasar tradisional yang ada disektar anda. Cara melakukannya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu merebus 3 batang tanaman sambiloto yang tentunya sudah dicuci dengan bersih. Untuk jumlah air yang digunakan adalah sebanayak 4 gelas air dan rebus hingga tersisa hanya dua gelas. Jangan lupa untuk menyaring hasil rebusan anda tersebut. Setelah itu, minumlah hasil rebusan anda dengan aturan 3 kali sehari dengan dosis ¾ gelas sekali minum. Anda juga bisa menambahkan madu untuk menghindari rasa kurang nyaman pada ramuan tersebut.

 

Cara mengatasi keputihan dengan daun iler dan madu murni

Cara mengatasi keputihan secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan daun iler serta madu murni. Cara yang perlu anda lakukan adalah dengan merebus 10 lembar daun iler yang sudah dicuci bersih dengan 3 gelas air bersih. Tunggu hingga air tersisa menjadi satu setengah gelas. Tunggu hingga dingin, kemudian segera saring sampai bersih dari ampas dedaunan. Setelah itu tambahkan madu secukupnya kedalam hasil saringan sambil diaduk rata. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum. Lakukan hal tersebut secara rutin, dijamin anda akan terbebas dari bahaya keputihan yang tidak normal tersebut.

 

Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih, temulawak dan kunyit

Tanaman lain yang masuk kedalam daftar cara mengatasi keputihan adalah daun sirih, temulawak, serta kunyit. Berbagai tanaman khas Indonesia tersebut memiliki kandungan yang membantu kesehatan kemaluan anda. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mencuci 10 lembar daun sirih, 1 jari temulawak, serta 1 ruas kunyit. Rebus keseluruhan bahan yang sudah dicuci bersih dalam 1 liter air bersih. Setelah 15 menit perebusan, anda bisa mengangkat ramuan tersebut serta menunggunya hingga hangat. Gunakan ramuan yang masih hangat tersebut untuk mencuci kemaluan anda. Lakukan secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

Cara mengatasi keputihan secara alami

Cara mengatasi keputihan berikutnya adalah dengan mengusahakan kondisi kemaluan anda selalu dalam kondisi kering. Pastikan anda mencuci dengan bersih kemudian mengelap dengan tisu atau kain yang steril setelah selesai buang air kecil. Hal tersebut berguna untuk mencegah munculnya bakteri pada kemaluan anda. Pastikan juga anda menggunakan celana dalam yang kering serta mampu menyerap keringat. Hindari celana yang ketat dan juga tebal yang bisa memancing pertumbuhan bakteri. Ada baiknya untuk menggunakan sabun pembersih kemaluan yang terpercaya dan pas. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang sabun pembersih yang pas untuk anda. Hindari pula penggunaan panty liner yang terlalu sering yang mampu membuat basah kemaluan anda.

 

Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *