Cara Mengatasi Insomnia Yang Sangat Menjengkelkan

Tidur menjadi kebutuhan wajib bagi semua orang. Dengan tidur, kita akan mengistirahatkan seluruh organ tubuh kita yang seharian sudah bekerja. Namun banyak dari kita yang mengalami susah tidur atau yang biasa disebut dengan insomnia. Meskipun terdengar biasa, namun bagi mereka yang mengalami insomnia akut pasti sangat terganggu dengan hal tersebut. Meningat mereka tidak dapat beristirahat seperti seharusnya. Hal tersebut juga akan mempengaruhi berbagai hal seperti pekerjaan mereka serta kesehatan mereka tentunya. Terkait hal tersebut, anda dapat mencoba berbagai cara mengatasi insomnia yang kami bagikan berikut.

 

Cara mengatasi insomnia dengan mengurangi cahaya

 

Cara mengatasi insomnia pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mematikan sumber cahaya saat tidur. Cahaya menjadi masalah yang penyebab orang tidak bisa tidur karena produksi hormone melatolin yang berguna meningkatkan rasa kantuk. Hormone tersebut tidak dapat diproduksi jika terdapat terlalu banyak cahaya yang masuk ke mata. Dengan meminimalisir cahaya tentunya akan mempermudah produksi hormon serta meningkatkan rasa kantuk anda. Anda bisa mematikan berbagai sumber cahaya satu jam sebelum anda pergi tidur adalah langkah terbaik guna meningkatkan produksi hormone tersebut. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak memandangi jam. Percaya tidak percaya, hal ini juga dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk tidur. Namun tanpa disadari rasa khawatir anda akan semakin bertambah mengingat semakin menipisnya waktu istirahat anda malam itu. Selain itu anda juga akan semakin memikirkan berbagai hal terkait hari esok.

 

Cara mengatasi insomnia dengan mengurangi kafein

 

Cara mengatasi insomnia lainnya adalah dengan menghindari konsumsi kafein 9 jam sebelum anda tidur. Konsumsi kafein yang biasa anda lakukan pada pagi hari akan berakibat buruk jika anda lakukan dekat dengan jam tidur anda. Hal tersebut tidak lepas dari efek kafein yang memacu kerja jantung sehingga anda tidak bisa tenang serta tidak dapat menutup mata. Kafein tidak hanya terkandung pada kopi, coklat, cola, teh namun juga terkandung pada pain killer serta pil penurun berat badan. Cara lainnya adalah dengan mangatur jadwal tidur anda. Mengatur jadwal tidur akan mendisiplinkan diri anda untuk tidur. Hal tersebut juga harus anda lakukan pula pada akhir pekan guna menjaga badan anda terbiasa melakukan rutinitas tidur yang sudah tertata.

 

Cara mengatasi insomnia dengan berolah raga

 

Olahraga teratur juga menjadi salah satu cara mengatasi insomnia. Energi yang anda peroleh akan menjadikan badan anda lelah serta tertidur dengan sendirinya. Namun jangan memaksakan untuk berolahraga yang bertujuan untuk menghabiskan seluruh tenaga anda. Berilah jarak antara 3-4 jam setelah berolahraga guna merenggangkan berbagai organ tubuh anda setelah berolahraga. Menetralisisr suara juga bisa anda lakukan guna mendatangkan kantuk. Caranya adalah dengan lebih berkonsentrasi pada suara yang tenang seperti suara fan, AC yang lebih menenangkan anda. Dan cobalah tersenyum ketika anda mencoba untuk tidur.

 

Cara mengatasi insomnia dengan mengurangi merokok

 

Cara mengatasi insomnia yang wajib anda lakukan adalah dengan tidak merokok sebelum tidur. Nikotin yang terdapat pada rokok memiliki peran hampir sama dengan kafein. Nikotin yang ada akan membuat anda lebih terjaga layaknya kafein. Anda bisa memulainya dengan mengurangi jumlah rokok yang anda konsumsi atau member jarak antara anda merokok dengan pergi tidur. Namun lebih baiknya anda mulai berhenti merokok mengingat resiko yang mengancam kesehatan anda ketika merokok. Relaksasikan diri anda ketika tidur dengan menenangkan fikiran anda dari penatnya aktifitas anda hari tersebut. Lupakan sesaat kebutuhan duniawi anda guna mendatangkan kantuk yang dibutuhkan oleh tubuh anda tersebut.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *